Cara Mengatasi Gangguan Pada Genset

Cara Mengatasi Gangguan Pada Genset – Setiap genset memiliki kapasitas maksimum daya tahan listrik yang berbeda-beda tergantung merk dan type  genset masing-masing. Kapasitas yang dimiliki genset biasanya mulai dari 5 Kva hingga 50 Kva ataupun bisa lebih dari itu. Semakin memiliki kekuatan lsitrik yang besar, maka daya tahan listik yang di hasilkan akan bertahan lebih lama lagi.

Pada umumnya genset merupakan sebuah perangkat yang menyediakan daya tahan listrik yang telah di sesuaikan dengan dengan berbagai kebutuhan baik kebutuhan dalam rumah tangga ataupun bisnis. Terdapat dua genset yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga yaitu genset stand by dan portbale.

Cara Mengatasi Gangguan Pada Genset

Gangguan yang sering terjadi pada genset dan cara mengatasinya

Genset merk yanmar merupakan salah genset yang dikenal dengan ramah lingkungan dan suara mesin yang halus. Jual genset diesel yanmar setara dengan 8 KW ini dapat di temukan dimana saja dengan harga yang terjangkau. Biasanya disetiap distributor daerah menjual genset merk ini. Tempat jual genset murah di Surabaya salah satunya adalah hartech.

Pada saat pemadaman listrik genset merupakan salah satu alat yang paling penting sebagai pengganti listrik. Namun, akan sangat terganggu apabila genset mengalami masalah teknis saat dibutuhkan. Berikut beberapa cara mudah mengatasi genset yang mengalami gangguan :

  1. Cara mengatasi genset yang tidak bisa di stater

Kejadian seperti ini sering kali terjadi karena adanya kondisi aki genset yang sudah lemah, oleh karena itu, walaupun genset dapat bertahan lama ada baiknya periksa dan rawat genset secara rutin ataupun berkala agar tidak terjadi masalah pada aki genset, dengan cara mengganti apabila rusak atau isi ulang air agar tidak terjadi masalah yang serius pada aki.

Alasan lain genset tidak bisa di stater karena adanya kabel yang rusak, entah karena putus, tidak tersambung, terlilit dengan kabel dan lain-lain. Oleh karena itu, sebelum membeli sebaiknya harus meneliti terlebih dahulu dan melakukan pengecekan serta perawatan secara berkala.

  1. Cara mengatasi genset yang tiba-tiba mati

Hal ini terjadi karena ada salah satu mesin genset kotor. Biasanya terjadi karena adanya air dalam tangki bahan bakar genset. Saat hal ini terjadi buanglah air yang ada pada bagian tangki bahan bakar genset serta seluruh bagian bahan bakar yang terhubung langsung dengan bagian mesin genset.

selain itu, lubang ventliasi genset sebaiknya diperiksa apakah ventilasi terseumbat oleh kotoran, debu dan lain sebagainya atau tidak. Apabila terseumbat segeralah untuk membersihkan.  Oleh karena itu melakukan pengecakan serta merawat kebersihan genset adalah hal yang tidak bisa di tinggalkan.

  1. Cara mengatasi arus listrik yang berlebihan

Hal ini terjadi karena adanya suatu hubungan generator yang sangat singkat dan terdapat beban yang berlebihan sehingga generator dapat bekerja terlalu keras dengan berlebihan. Oleh karena itu, perlu menggunakan beberapa alat tambahan yang bisa digunakan untuk melindungi generator dan mencegah arus yang berlebihan dalam jangka waktu panjang.