Jenis – Jenis Genset Berdasarkan Tipenya

Jenis – Jenis Genset Berdasarkan Tipenya – Anda butuh genset tapi tak punya tempat untuk menyimpan genset anda? Jangan khawatir, yuk kenali jenis-jenis genset agar anda bisa membeli genset yang tepat dan cocok untuk kebutuhan dan kemampuan anda. Ada dua jenis genset yang dijual secara umum, yakni genset open type dan genset silent type. Kedua jenis genset ini dibedakan oleh sistem gensetnya yang terbuka atau tertutup.

Kedua genset ini memiliki fungsi yang sama, yakni mengahasilkan listrik untuk kebutuhan energi pada barang- barang elektronik anda. Genset open maupun genset silent sama-sama banyak diminati oleh para pecinta genset, terutama kedua genset ini memiliki kelebihan masing-masing dan banyak diproduksi oleh produsen genset ternama. Berikut perbedaan genset open dan genset silent.

Genset open type

Seperti namanya, genset open adalah genset jenis terbuka yang umumnya digunakan oleh masyarakat. Genset jenis ini sangat mudah penggunaan dan perawatannya karena bentuknya yang terbuka. Namun genset ini memiliki kekurangan berupa suara mesinnya yang cukup keras, dengan begitu genset ini butuh tempat yang kedap suara untuk penyimpanannya.

Genset open type cenderung banyak digunakan di luar ruangan, walaupun genset ini sebenarnya tidak bisa tahan apabila diletakkan di luar ruangan. Bentuknya yang terbuka memudahkan genset ini dibersihkan, namun genset ini juga lebih mudah terkena air atau terkena kotoran yang dapat menghambat kinerja dari genset itu sendiri.

Genset silent type

Berbeda dengan genset open type atau genset tipe terbuka, genset silent type merupakan genset dengan tipe tertutup. Genset ini memiliki keunggulan berupa suaranya yang tidak terlalu bising dikarenakan sistemnya yang tertutup, sehingga mampu meredam suara. Genset ini juga baik untuk diletakkan di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Genset silent type memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah perawatan genset ini yang cukup sulit. Sistemnya yang tertutup membuat genset tipe ini tidak bisa di bersihkan sendiri di rumah tanpa peralatan maupun keahlian khusus. Oleh karena itu bila anda ingin membeli genset dengantipe silent, anda disarankan untuk mendapatkan garansi perawatan oleh pihak produsen melalui distributor.

Anda dapat dengan mudah membeli genset ini pada toko- toko resmi jual genset silent di jakarta untuk anda yang berdomisili di sekitar wilayah Jakarta dan toko resmi jual genset bali silent untuk anda yang berada di luar pulau. Distributor- distributor resmi dari masing- masing produsen genset, seperti PT Rajawali Indo Utama akan memandu anda untuk mengarahkan proses garansi dan sebagainya.

Itulah beberapa jenis genset yang bisa anda pertimbangkan untuk anda gunakan sesuai kebutuhan anda. Kedua genset sama- sama memiliki keunggulan dan kekurangan, tinggal bagaimana kita menggunakan dan merawat genset tersebut. Jangan sampai genset anda tidak efisien hanya karena pemakaiannya yang asal pakai dan asal rawat yah. Untuk informasi harga genset perkins 10 kva dan merk lainya, segera tanyakan langsung pada marketing.