Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Kanker Serviks

Kanker serviks atau biasa disebut pula dengan kanker leher rahim terjadi pada leher rahim (penghubung antara vagina dan rahim). Beberapa penyakit diketahui karena menampakkan gejala. Kanker serviks akan lebih tampak gejalanya ketika sudah memasuki tahap atau stadium lanjut.

Penyebab Kanker Serviks

Sebab utama dari kanker ini adalah infeksi human papillomavirus (HPV).  Selain itu, ada sebab lain yang menyebabkan seseorang menderita kanker serviks. Hal-hal tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki pasangan seksual lebih dari satu orang
  2. Berhubungan seksual di usia yang relatif muda
  3. Melahirkan banyak anak
  4. Kebiasaan buruk, seperti merokok
  5. Mempunyai sistem imun yang lemah
  6. Memakai pil KB

Gejala Kanker Serviks

Ada beberapa tahapan dari kanker serviks. Dalam tahapan-tahapan ini akan menunjukkan gejala yang berbeda.

  • Stadium Awal
    Pada stadium awal, kanker serviks memang sulit untuk dirasakan. Di stadium ini memang hampir mustahil ditemukan cirinya. Karena sulit dideteksi pada tahap awal, maka wanita sebaiknya melakukan tes pemeriksaan sel HPV pada leher rahim. Pemulihan akan lebih mudah ketika sel kanker tersebut ditemukan pada waktu yang lebih awal. Tes pap smear atau tes lain bisa dilakukan ketika Anda merasa memiliki faktor yang tinggi terkena kanker serviks.
  • Stadium Sedang
    Pada stadium ini ada beberapa gejala yang bisa terlihat, di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Pendarahan Pada Vagina
    Jika vagina mengeluarkan darah yang tidak normal, maka ini bisa menjadi salah satu gejala kanker serviks. Darah tidak normal adalah darah yang keluar selain darah haid. Pendarahan ini bisa terjadi setelah melakukan hubungan seksual atau di antara periode mestruasi ataupun bisa di luar itu seperti setelah masa menopause. Gejala lain dari kanker serviks adalah pendarahan yang bercampur dengan keputihan. Apabila Anda mengalami ini, sebaiknya segera dikonsultasikan kepada dokter yang berkompeten.
  2. Nyeri saat melakukan hubungan seksual
    Ketika Anda sedang melakukan hubungan seksual dengan pasangan dan terasa sangat sakit, ini bisa jadi adalah gejala kanker serviks. Rasa sakit saat berhubungan seksual juga merupakan salah satu ciri umum dari kanker ini.
  3. Nyeri di daerah pinggul
    Nyeri di daerah pinggul juga merupakan hal yang harus diperhatikan sebagai salah satu hal yang bisa menjadi ciri kanker serviks.

Cara Mengobati Kanker Serviks

Tuhan dengan Maha Kuasanya sudah menyediakan banyak hal yang bermanfaat bagi manusia. Beberapa di antaranya adalah tanaman yang bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit ganas termasuk kanker serviks.

  • Sarang Semut
    Di Indonesia, tanaman sarang semut banyak ditemukan di daerah Papua. Dalam tanaman ini terkandung banyak zat  bermanfaat seperti tokoferol, flavanoid, dan yang lainnya sehingga baik sebagai obat kanker serviks yang manjur.
  • Kulit Manggis
    Kulit manggis adalah bahan herbal yang bisa digunakan untuk menyembuhkan tumor ganas dan kanker serviks. Di dalam kulit manggis terdapat banyak kandungan yang bermanfaat untuk membasmi sel kanker.
  • Tapak Dara
    Tanaman tapak dara mengandung vinkristin dan vinblastin yang dapat  membunuh sel-sel kanker serviks. Tapak dara bisa dipakai bersamaan dengan bahan lain seperti gula merah, kulit kayu pulasari, dan buah adas.
  • Daun Sirsak
    Pohon sirsak, selain buahnya enak dimakan atau dibuat jus juga memiliki daun yang bermanfaat. Salah satu manfaat daun sirsak adalah mengobati berbagai macam kanker, termasuk kanker serviks.

Bahan-bahan di atas, sudah banyak tersedia sebagai bahan yang siap dikonsumsi sehingga lebih mudah dan tidak terlalu merepotkan Anda.