Tempat Wisata di Pulau Lombok Yang Wajib Dikunjungi

Biasanya orang memilih destinasi liburan berupa taman rekreasi ataupun lokasi-lokasi wisata alam dengan pemandangan yang indah. Jika lokasi wisata seperti tadi sudah sering Anda dan keluarga kunjungi, kini saatnya mencari altenatif lain yang menyenangkan sekaligus berwawasan. Ada beberapa tempat wisata di Pulau Lombok yang selain seru untuk dikunjungi sekaligus bernilai edukasi tinggi. Lokasi-lokasi ini cocok Anda kunjungi bersama keluarga khususnya anak-anak untuk mengisi liburan sekolah sambil memperkaya pengetahuan.

Ini Dia Tempat Wisata di Pulau Lombok yang Bernilai Edukasi

Mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti museum mungkin sudah kurang diminati oleh kalangan muda karena dianggap kurang menarik padahal museum menyimpan banyak informasi yang perlu diketahui kalangan muda.

Di Lombok ada beberapa pilihan lokasi wisata yang selain menyuguhkan aneka hiburan maupun pemandangan yang cantik juga memilki nilai sejarah maupun budaya. Pengunjung dapat sekaligus mendapatkan wawasan baru sembari melepas penat di lokasi-lokasi berikut ini :

  • Masjid Bayan Beleq

Masjid yang sudah berdiri sejak 300 tahun lalu ini merupakan masjid pertama di Pulau Lombok yang turut menjadi saksi masuknya agama Islam ke pulau ini. Arsitektur dari masjid ini masih dijaga keasliannya berupa bangunan sederhana berdindingkan anyaman bambu.

Di bagian dalam masjid Anda bisa menemukan makam dari seorang tokoh yang berperan penting dalam tersebarnya agama Islam di Lombok pertama kali.

Masjid ini sampai sekarang masih difungsikan di hari-hari tertentu dan sudah dijadikan tempat wisata di Pulau Lombok yang dapat dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

  • Taman Narmada

Tempat wisata di Pulau Lombok selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah Taman Narmada di Lombok Barat. Taman ini menyuguhkan pemandangan yang sangat asri berupa taman berundak-undak dengan kolan di bagian tengahnya. Lokasi bersejarah ini dulunya digunakan sebagai lokasi peristirahatan raja dan keluarganya. Saat ini taman ini dibuka untuk umum dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Kawasan Taman Narmada memilki total luasan kurang lebih 3 hektar dan dulunya sering dipakai untuk menyelenggarakan berbagai upacara adat. Di dalam kawasan taman terdapat berbagai spot menarik seperti Bale Terang, Telaga Ageng, balai Petirtaan hingga Pura Narmada yang berada di puncak bagian atas.

Tempat wisata di Pulau Lombok ini memang sangat pas untuk bersantai bersama keluarga sambil mempelajari sejarah pendiriannya dan penggunaannya di masa lampau.

  • Desa Sade

tempat wisata di Pulau LombokSelanjutnya adalah lokasi wisata yang bernilai budaya tinggi yaitu Desa Wisata Sade. Desa ini yang berada di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah ini dihuni oleh suku adat sasak. Desa ini diisi oleh masyarakat yang masih tinggal di rumah-rumah adat sasak lengkap dengan adat istiadatnya.

Di desa ini Anda akan menemukan keunikan berupa masyakarat yang mengepel lantai rumah dengan kotoran kerbau. Hal unik ini akan sulit Anda temukan di daerah lain karena sudah merupakan kebiasaan dan tradisi masyarakat setempat. Anda bisa mengunjungi Desa Sade untuk melihat secara langsung kekayaan tradisi yang dimiliki masyarakatnya.

Desa ini menjadi salah satu tempat wisata lombok dekat bandara yang bisa Anda kunjungi, selain dekat dengan bandara wisata ini juga memberikan Anda cerminan budaya suku asli pulau Lombok.

Mengunjungi tiga lokasi tadi bisa memberikan pengalaman berlibur yang lain daripada biasanya. Anda bisa melihat secara langsung kekayaan budaya dan tradisi di Pulau Lombok sembari menyerap informasi tentang masing-masing lokasi.

Mengunjungi tempat wisata di Pulau Lombok bernilai sejarah tadi selain menyenangkan juga bisa mencerdaskan. Tidak salah jika Anda membawa seluruh anggota keluarga beserta anak-anak untuk menikmati liburan di Desa Sade, Taman Narmada dan Masjid Bayan Beleq.